Mahar

Ada sebuah tradisi yang cukup unik di sebuah daerah di Pasifik Selatan.

Ketika seorang pria ingin melamar seorang gadis, maka dia harus membayar orangtua si gadis dengan ternak sebagai “mahar” atau mas kawin.

Empat hingga enam ekor sapi termasuk harga yang sangat tinggi untuk seorang wanita.

Satu kali ada seorang pria menyunting seorang gadis yg penampilannya sangat sederhana, pemalu, kepalanya selalu menunduk dan sama sekali tidak menarik. Namun luar biasanya, pria tersebut memberikan mahar kepada orangtua gadis itu sebanyak delapan ekor sapi!!!

Penduduk setempat heran melihat kegilaan pria itu, menurut mereka empat ekor sapi saja masih kemahalan, tapi mengapa pria ini justru membayar dengan delapan ekor sapi.

Tetapi beberapa bulan kemudian, penduduk setempat dibuat takjub dengan perubahan istri pria tersebut. Wanita itu berubah menjadi sosok wanita yang cantik, anggun, percaya diri dan sangat menarik utk dipandang.

Melihat keheranan penduduk, pria tersebut berkata:
"Saya benar² menginginkan wanita delapan ekor sapi. Sewaktu saya membayar delapan sapi untuknya dan mulai memperlakukannya seperti wanita delapan sapi, dia mulai percaya diri dan merasa menjadi wanita delapan sapi. Ia mendapati dirinya sangat berharga, dan itulah yg membuat perubahan di dalam dirinya”.

Jika seorang suami ingin istrinya menjadi yang terbaik, perlakukanlah dia sebagai istri yang terbaik, hargai dan hormati dia dengan baik. Demikian pula sebaliknya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

sangat bermanfaat sekali, good

Posting Komentar

 
;